Teknologi Komponen Input

1. Keyboard

Keyboard adalah alat input untuk memasukkan data berupa huruf, angka, karakter khusus dan melakukan perintah seperti membuka, menyimpan dan menutup data.



Teknologi keyboard saat ini adalah keyboard laser dimana alat yang berbentuk kotak ini berfungsi sebagai proyektor sinar laser, sinar laser berwarna merah yang di pancarkannya memproyeksikan gambar keyboar ke permukaan datar apapun dan bisa digunakan di kegelapan. Keyboard ini bisa di sambungkan ke komputer, laptop, ataupun handphone melalui bluetooth.

2. Mouse
Mouse adalah alat input berupa kursor atau pointer yang berfungsi sebagai menggerakkan sebuah perintah yang kita inginkan.
Teknologi mouse saat ini yang mulai banyak digunakan adalah mouse dengan menggunakan blue track, teknologi yang memungkinkan mouse bisa dipakai di segala permukaan dan tidak sensitif terhadap debu dan kotoran yang dapat mengakibatkan kinerja mouse melemah.

3. Scanner
Scanner adalah komponen input yang berfungsi untuk memindai (scan) gambar atau teks yang kemudian hasilnya dapat di lihat di monitor terlebih dahulu sehingga kita bisa memperbaiki atau memodifikasi file tersebut dan kemudian dapat disimpan di harddisk komputer.



Teknologi scanner saat ini adalah pen scanner. scanner yang berbentuk mini ini menyerupai bolpoint yang bisa dibawa kemana-mana. Masih sama seperti scanner pada umumnya hasil pindaian akan disimpan dalam bentuk gambar berformat Joint Photographic Experts Group (JPG). Pen scanner dilengkapi dengan kartu memori jenis micro SD dengan kapasitas 1 GB sampai 32 GB. 

4. WEBCAM

WEBCAM atau Web Camera adalah komponen input yang berfungsi untuk menginput data berupa foto atau video.
Teknologi webcam untuk saat ini memiliki ketajaman gambar yang sangat tinggi atau gambar yang jernih dengan menggunakan Optik Carl Zeiss.

5. Microphone



Microphone adalah alat untuk merekam suara atau memasukkan suara ke dalam memori komputer. 
Teknologi microphone saat ini adalah teknologi Small Array Microphone (SAM) berupa teknologi yang mampu memisahkan suara pengguna dengan suara yang ada di sekitarnya sehingga suara akan terdengar lebih jernih.

6. Joystick

Joystick adalah alat masukkan yang digunakan untuk memasukkan peruntah untuk menggerakkan permainan pada komputer. Cara kerja joystick sama dengan mouse,hanya saja joystick menggerakkan penunjuk layar berupa tongkat kecil.



Teknologi joystick saat ini berupa joystick Robotouch Nintendo Entertainment System (NES). Joystick ini bisa digunakan untuk bermain game di Ipad. Disebut robotouch, perangkat ini menjadikan kontroller NES, dihubungkan ke papan Arduino. sehingga terhubung ke lengan-lengan elektronik yang melekat pada servo motor yang diletakkan di layar Ipad. Ini merupakan teknologi dimana game touchscreen dimainkan dengan perangkat analog.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Conceptual Data Model [CDM] dan Physical Data Model [PDM] Database

Object Oriented Database

Definisi Basis Data